fbpx

Newsletter Mokshfeast Edisi No 13/MF2/2019

Creative Market

Seberangi Inggris, Raih Pengakuan Global

Kiprahnya di industri kerajinan kayu mengantarkan Sahawood pada level terbaiknya. Setelah taklukkan pasar Inggris, pengakuan global pun mengalir. Menariknya, produk mereka diproduksi oleh para mantan napi, pecandu dan ODHA.

Demi mengubah stigma buruk tentang mantan napi dan pecandu, Sahawood lahir. Sejatinya, Saha adalah yayasan Sadar Hati, sebuah lembaga sosial masyarakat yang didirkan untuk para mantan napi dan pecandu. Direktur Sahawood, Mochamad Theo Zaenuri mengatakan, selama ini stigma atau presepsi masyarakat masih negatif untuk mantan napi dan pecandu. Karenanya, Sahawood hadir untuk melawan stigma buruk tersebut.

“Cita-cita kami sederhana, kami ingin menunjukkan pada semua orang bahwa mantan napi dan mantan pecandu bisa berkarya. Kami ingin melawan dengan karya,” ungkap Theo. Harapan Theo akhirnya memang benar-benar terwujud lewat Sahawood. Rumah produksi yang dibangun bersama rekan-rekannya itu telah menyerap tenaga kerja yang didominasi oleh mantan napi dan pecandu.

Sahawood makin berkembang, tenaga kerja yang dimiliki kini juga mulai merambah ke kalangan miskin perkotaan dan para pengidap HIV/AIDS (ODHA). Prinsip usaha utamanya memang kewirausahaan sosial. Saat ini, Sahawood memperkerjakan 10 orang mantan napi dan pencandu serta 10 perempuan kaum miskin kota.

Kapasitas produksi setiap bulan kini menembus 500 buah kacamata kayu dan 100 buah jam tangan kayu. Pada saat bersamaan, Sahawood juga mulai memproduksi berbagai peralatan makan yang terbuat dari kayu. Seperti, sendok, gelas dan garpu. Untuk menjaga kualitas, Sahawood memadukan teknologi mesin dan tangan untuk memproduksi produk-produk unggulannya itu.

Kini, produk-produk unggulannya seperti jam tangan dan kacamata yang memanfaatkan limbah kayu telah menembus pasar Inggris. Pada 2016, Perusahaan yang bermarkas di Malang ini bahkan diundang ke acara Kick Andy dengan tema ‘from minus to something’ untuk berbagi inspirasi dan pengalamannya. Sahawood jadi magnet baru bagi media nasional. Lebih dari 10 media massa cetak dan televisi dengan cukup lugas mengupas Sahawood. Mereka menilai, Sahawood layak jadi inspirasi dan kebanggaan Indonesia.

Kalian bisa temui dan membeli langsung produk-produk Sahawood tersebut di creative market Mokshfeast 2019. Sahawood juga akan berbagi inspirasi dan pengalaman dalam sesi sharing session. Semua hal bisa ditanyakan secara langsung pada sang founder Sahawood, Mochamad Theo Zaenuri. Ayo, pesan sekarang tiketnya secara online di www.mokshfeast.com (*)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Ask via WhatsApp